YAYASAN BUMI SEHAT

Desa yang indah dan asri, menjadi tujuan utama kami, yakni Yayasan Bumi Sehat. Kami berpakaian seragam batik berjalan penuh antusias memasuki area yang didepannya terpahat ukiran ibu sedang melahirkan bayi di air. Water birth, tempat ini awal ya dikenal dan pertama membawa ilmu mengenai ini di bumi Nusantara.

Aku mencari sosok bidan Robin Lim. Rupanya beliau mau berangkat untuk menghadiri upacara adat. Namun, sungguh baik hatinya, bidan Robin memutuskan untuk tetap menemani kami hingga 1 jam kedepan dan berbagi ilmunya kepada kami. Beliau terlihat cantik dengan balutan baju kebaya bali. Ada bidan Brenda, bidan WNA yang seorang muslim. Dengan baju gamis ungunya, beliau ramah menyambut kami. Kami hampir semuanya  meskipun sedikit sedikit, mengerti bahasa inggris, jadi tidak begitu sulit bagi Bidan disini menjelaskan kepada kami. Disini ada bidan bidan Bali dan tenaga sukarelawan. Dan saat kami datang, baru aja ada ibu yang selesai bersalin dengan water birth. 

Ada rekan Bidan Robin, aku lupa apakah beliau Doula atau Bidan. Berkewarganegaraan asing, berpakaian katun batik bermotif kembang, beliau membantu bidan Robin mempraktekkan kepada kami bagaimana asuhan ibu yang telah masuk kala persalinan. Dengan baju kaos, simple saja, dia mempresentasikan berbagai macam cara untuk membuat ibu ibu yang masuk dalam masa persalinan merasa nyaman. Dari gaya rocking, gaya dengan bola, dll agar mengurangi rasa nyeri saat bersalin. Kami juga diperlihatkan film cara persalinan waterbirth yang sesudahnya diperjelas kembali dengan bidan Robin. Lengkap sekali penjelasan yang disampaikan beliau, tanpa sadar kami sudah lebih dari 2 jam disini. Dari kampus memberi bingkisan serta kenang kenangan dan kami kompak untuk foto bersama. Namun sayang Bidan Robin sudah harus segera pergi untuk upacara agama, dan kami pun tidak sempat berfoto dengan beliau. Tapi ini semua sudah sempurna. Terima kasih Kampusku,  yang sudah mengenalkan ku dengan water birth. Kampus sebagai almamaterku yang banyak menghasilkan bidan serta dosen profesional. Jurusan Kebidanan Poltekkes Jogjakarta. 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar