MEKONG RIVER TOUR AND ROYAL JELLY, HCMC, VIETNAM

Jika pergi mengunjungi Ho Chi Minh City,  pasti kita kepikiran dengan sungai Mekong yang mengaliri negara Vietnam. Sungai yang besar dan panjang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang penasaran dengan sungai tersebut. visitV3 ingin tau juga gimana paket tur yang ditawarkan, dan ini bisa menjadi ilmu serta pengalaman bagi V3 karena Kalimantan Barat kaya akan sungai dan memiliki salah satu sungai terpanjang di Asia dan juga luas yakni sungai Kapuas. Jadi jika ingin buka trip, bisa ngadopsi pengalaman di Mekong. 
Paket tur sungai Mekong ini terdiri dari beberapa kegiatan. Dari sekian banyak kegiatan itu, salah satunya yang V3 kupas disini yakni trip sungai itu sendiri dan meminum royal jelly. Utk kegiatan yang lainnya akan V3 sajikan di postingan selanjutnya. 

Trip ini mulai di pagi hari. Kita akan berkumpul di tempat tur dan ngetemnya bis pariwisata. Sebelumnya kita akan di absen dan jika sudah lengkap pesertanya dan waktunya tiba, kita akan berangkat menuju lokasi. 

Semua foto diambil pake hp LGP500
Sesampai dilokasi kita akan melewati beberapa kegiatan, nah nanti V3 akan ceritain di posting lainnya ya. Trus setelah selesai, kita diarahin menuju ke lokasi tepian anak sungai. Disini, kebayang langsung sungai sungai di Kalbar, mirip banget. Karena di KalBar, ngebolang kaya gini udah V3 lakonin sejak sd lho. Makanya udah gak rasa aneh, ini hal biasa bagi V3 tapi menjadi sesuatu yang Luar biasa bagi pelancong negara lain ( liat di list peserta, banyak dari korea, Jepang, eropa, dll) mereka ada yang takut, takjub, dll deh. Perasaan yang sama seperti kita yang norak saat pertama liat salju dan bagi mereka itu hal yang biasa banget. Oh ya, disini kita dipinjamin satu satu caping, supaya khas seperti orang lokal. Sampan dibagi rata, 4 orang per sampan dan satu orang pendayung. Pendayungnya ada yang pria dan juga wanita yang sudah luamayan tua. Namun tenaga mereka cukup kuat. v3 bersama rombongan dari Filipina. V3 memilih paling depan agar bisa memotret dengan leluasa. 
Kami melewati aliran sungai kecil dengan kanan dan kiri pinggiran sungai ditumbuhi semak pepohonan kelapa, bakai dan beberapa tanaman tropis yang lazim hidup di daerah seperti ini. Air sungai nya keruh karena sungai ini tidak dalam dan merupakan muara yang menuju ke aliran sungai utama. Sayangnya, pendayung tidak berbicara apa-apa, dan saat kutanyapun dia bilang tidak mengerti bahasa Inggris. Jadi tidak ada yang bisa V3 gali selain pengamatan pribadi dan dari pemandu tur. 
Hanya satu dibenak V3, ini aja bisa menjadi  potensi wisata yang belum dilirik Kalbar, pengalaman berharga banget. Suatu saat V3 akan bikin trip seperti ini, selain bisa menarik wisatawan khususnya mancanegara, ini bakalan menajdi pemasuka. Dan mata pencaharian warga sekitar khususnya di daerah KubuRaya yang masih banyak lokasi yang asri kaya gini, dengan penduduk lokal dan aktivitasnya yang sederahana dan gak kita temuin lagi di kota. 

Setelah beberapa belas menit kemudian, sampan menepi, dan kita lanjut menuju ke salah sebuah bangunan terbuka tanpa di dinding, dan disana kita disuguhkan Royal Jelly alias Madu dan jeruk sambal. Rasanya sama seperti madu umumnya bedanya terasa lebih enak dikasih jeruk sambel. Namun madu Kalbar lebih mantep lagi apalagi yang berasal dari Kapuas Hulu, Danau Sentarum. Itu merupakan madu hutan murni yang sudah bersertifikasi. 
Jadi setiap perjalanan kita bukan diukur dari kemewahan atau keunikan, tapi kita bisa mengambil ilmu, pengalaman sehingga jadi bekal saat kita menerapkan di tempat tinggal kita. Melihat aktivitas serta lingkungan negara lain menjadi pembanding dan trigger utk kita yakin bisa maju melebihi itu. Lets travel. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar