PADANG ILALANG PANTAI GOSONG

Ilalang atau biasanya sering disebut alang alang ialah sejenis rumput berdaun tajam yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Tapi tau gak? Ilalang ini banyak kegunaannya lho. Selain kece banget buat spot photo 😄, tumbuhan yang satu ini memiliki beberapa manfaat jika kita berkunjung di Indonesia bagian timur pada umumnya. Daun alang alang yang dikeringkan dan dikebat dalam berkas-berkas digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya. Serat halus dari malai bunganya kadang digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi alas tidur atau bantal.

Belum lagi dalam bidang pengobatan tradisional. Rimpang dan akar ilalang berkhasiat sebagai bahan obat untuk meluruhkan kencing, mengobati demam dan lain sebagainya. 


Kembali ke cerita padang ilalang yang kami temukan di pantai Gosong. Padang ini cukup luas dan disekeliling pantai ini hanya ada 1 rumah penduduk yang tebuat dari kayu yang sepertinya hanya di huni satu keluarga. Seorang anak perempuan dari rumah itu telihat mengayuh sepeda mendekati kami. dia ingin melihat kegembiraan kami yang lagi seru seruan berfoto di padang ilalang. Kami sempat berbincang dengan anak itu namun dia tidak banyak bicara. Matahari sudah semakin turun, dan kami harus segera meninggalkan pantai ini untuk ke tujuan awal kami, Pantai Pasir Panjang 2. Oh ya, padang ilalang ini gak selalu ada. Kami kesini saat akhir musim penghujan, bulan Februari. 

fotografer : Eko | kamera :  Oppo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar