PANTAI GOSONG

Jika kita akan berpergian ke Singkawang, kita akan menemukan banyak pantai yang indah di sisi kiri jalan. Ada yang berada tepat di pinggir jalan, ada juga yang perlu masuk ke dalam kawasan barulah bertemu dengan pantainya. Pantai Gosong menjadi salah satu tujuan kami kali ini. Berbekal cerita teman teman dan suamiku yang pernah beberapa kali kesana, aku pun semakin penasaran bagaimana rupa pantai yang terkenal dengan tempat latihan Diksar dan angker.

Pantai Gosong ini menurut cerita yang beredar, dinamakan gosong karena dulu pernah terjadi kebakaran hebat sehingga semua hangus terbakar dan gosong. Kemudian kenapa dikenal angker? Menurutku karena pantai ini sepi dan sangat jarang dikunjungi. Masih banyak pepohonan besar dan lebat serta semak belukar yang menutupi jalan, ditambah lagi ada pemakaman cina dan muslim. Kami kesana jam 16.30 aja, udah kerasa gelap saat memasuki areal ini. Meskipun diawal memasuki gerbang, kita melewati pemukiman penduduk. Oh ya, ada bukit di sebelah kanan pantai, namanya bukit Bunga. Bukit ini memiliki tebing yang cocok untuk kegiatan rock climbing. Wajar saja tempat ini dijadikan salah satu tempat favorit pecinta alam.


Pantai disini selain pasir, sebagiannya berlumpur sehingga gak cocok bagi yang ingin berenang, karena airnya berlumpur dan keruh. Uniknya, ada pulau tepat di depan pantai yang bisa ditempuh dengan berjalan mengarungi lautan saat air surut. Tinggi air hanya sepinggang orang dewasa. Beberapa temanku ada yang sudah berhasil melaluinya.





Jika ingin ke pantai ini disarankan pagi hingga sebelum jam 4, dan jam 5 sore sebaiknya sudah pulang jika tidak ingin menembus kegelapan. Untuk tiket masuk sepertinya tidak ada selama 2 kali aku mengunjungi pantai ini. 



Pantai ini mudah ditemui, cukup berkendara 2 jam dari Pontianak, kita akan bertemu di kiri jalan gerbang Pantai Gosong, masuk aja terus. Dan sebaiknya menggunakan kendaraan non sedan. Jika motor sepertinya tidak masalah untuk medannya. Met ngetrip ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar