THE STAR PHOTOGRAPHY

Apa yang paling seru dilakuin saat tengah malam kalo lagi camping? Jawabnya motret langit, apalagi pas lagi banyak bintang. Pas banget ni, lagi camping, bawa tripod, belum ngantuk, cobain motret long exposure. Dengan peralatan yang ada seperti DSLR, senter, hp, dan tripod, kita bisa dapetin foto kaya gini. Trus bisa juga dengan mengandalkan objek sekitar, seperti lampu motor saat kendaraan lewat, dll.
Aku dan adikku nyobain motret long exposure dengan kecepatan rana diatas 10s. Pake aja timer. Kita atur ISO nya agak tinggi dan bukaan diafragma nya bisa disekitaran 8 atau 11. Semuanya kembali ke kitanya mau hasil yang gimana. Yang penting saat motret begini, kondisi cahaya disekitar minim. Jadi fotonya gak over exposure. Ini hasil fotonya gak ku edit.


Kalo mau yang paling kece, musti hunting milky way. Dan cari spot yang bebas polusi. Di hutan atau di pulau. Waktu itu teman temanku pernah motret di ujung dermaga pulau saat tengah malam agar jauh dari pemukiman dan tidak ada pencahayaan yang masuk kecuali dari bintang itu sendiri.


Bermain dengan long exposure dan memotret bintang emang seru. Makanya jangan sampai ketinggalan DSLR dan tripod kalo lagi camping ya. Met mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar