RUMAH BUNGA RIZAL

Siang itu, aku dan Tyo diajak pamanku, om Saif ke rumah teman akrabnya, namanya om Rizal. om Rizal ini memiliki usaha anggrek dan kaktus. Usahanya berkembang pesat sekali. Beliau salah satu pioneer budidaya kaktus dan anggrek di Indonesia.
Rumah nya tidak jauh dari rumah om Saif. Mungkin sekitar 2 km an saja. Saat memasuki rumah halaman rumah om Rizal, beberapa berukuran raksasa menjadi penghiasnya. Rumah ini tampak asri. Jika kita masuk ke sebelah kanan, itu merupakan rumah om Rizal dan tempat display serta budidaya anggrek. Jika belok ke kiri, adalah showroom dan budidaya kaktus. Bagaikan yin dan yang. Halus dan berduri. Keras dan lembut. Anggrek dan Kaktus. 2 hal yang jauh berbeda. Tapi bisa disatukan oleh tangan dingin om Rizal.


Kami disambut hangat di beranda rumah beliau. Selain aku, Tyo, om Saif, ada juga teman om Rizal dan Om Saif. Beliau pecinta tanaman juga. Sekarang lagi senang budidaya stevia katanya. Mereka asik berbincang, dan tak jarang om Rizal memberi kami motivasi untuk menjadi wirausaha. om Rizal banyak menceritakan tentang kehidupannya agar kami para anak muda bangkit dan maju, sukses. Kisah om Rizal akan kuceritakan pada posting selanjutnya. Tak terasa hampir 1 jam ngobrol panjang. Seru sekali bisa mendengar obrolan mereka. Meski usia mereka sudah diatas 50 tahun, tapi tidak terlihat di semangat mereka tetap berjiwa muda, energik, up to date, gaul, kece deh. Mereka tetap berkarya untuk menyalurkan hobi mereka.

Setelah berbincang, om Rizal mohon pamit karena ada janji. Om Saif pun mengajak kami ke showroom kaktus. Kami takjub melihat beribu ribu kaktus yang indah disini. Beragam jenis, ukuran dan warna. Indah sekali. Kami sempatkan berfoto foto dan akhirnya akupun membuat janji untuk belajar budidaya kaktus dengan om Rizal langsung. Ini sebuah kesempatan yang langka  bisa belajar sama masternya. Selain itu, berkesempatan ngobrol dengan om Rizal ini adalah hal langka, karena beliau sibuk sekali. Karena itu, aku dan suamiku akan kesini lagi saat akhir pekan.

Kaktus dan anggrek adalah tanaman yang abadi sepanjang masa. Tren sepanjang hayat. Tidak lekang dimakan waktu. Bagi para pecinta kaktus ataupun anggrek, disini biasa dibuka kelas belajar budidaya tanaman. Kalo mau beli selalu ready stok, dan banyak sekali pilihan. Pastiin klo ke Lembang, masukin ke list mu Rumah Bunga Rizal sebagai destinasi tujuanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar