SITU WANAYASA PURWAKARTA

Solo trip ku ke Purwakarta berjalan dengan lancar. Kereta api yang hanya membayar 6rb/orang dengan menempuh waktu 3 jam dari Jakarta Stasiun Kota ke Purwakarta. Lanjut mengelilingi Purwakarta dan Bandung dengan Tyo, sobatnya adekku yang berdomisili di Pleret. Pilihan kami road trip dengan motor sangat tepat karena mudah untuk ngebolang.
Ada beberapa tempat dan kuliner yang ingin aku sambangi. Salah satunya yakni Situ Wanayasa. Situ dalam bahasa sunda yang artinya danau ini terletak sekitar 23 km dari pusat kota. Berada diketinggian 600mdpl dan luas 7ha, suasana sekitar terasa sejuk dan menyegarkan karena masih asri dan banyak pepohonan. Tata ruang dan taman di sekitar situ sangatlah apik dan rapi.  Terlihat gunung Buprangrang menjadi latar belakang situ ini. Karena saat aku kesini, cuaca sangatlah cerah. Jadi disaranin kesini sebaiknya pagi hari.
Situ ini berada tepat di pinggir jalan. Jadi cukup bayar parkir saja di warung sekitaran situ. Kami memesan secangkir teh hangat dan kopi. Sambil menikmati keindahan situ. Kulihat ada pulau di tengah danau. Kucari tau di google, ternyata ada makam RA. Suriawinata, salah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke 9. Wafat nya sudah lama sekali, tahun 1827.
Sayang aku tidak bisa lama mengeksplore sekitarnya, karena perjalanan kami masih panjang dan banyak yang ingin didatangi. Next, bakalan muter muter lagi disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar